Berita Terkini :
Home » »

Senin, 30 Januari 2012 | 0 komentar

“ SOAL DAN JAWABAN SISTEM SIRKULASI”

1. Bagaimana mekanisme pertahanan tubuh dalam system transportaasi ?
Jawab :
Pertahanan tubuh dapat terjadi dengan berbagai mekanisme, antara lain dengan mengaktifkan atau mengeluarkan berbagai sel asing dari tubuh, menghancurkan mikroorganisme pathogen beserta hasil sekresinya dan menyingkirkan sel abnormal atau sel bermutasi (contohnya sel kanker) yang muncul. Mekanisme pertahanan tubuh juga dapat terjadi dengan cara fagositosis (paling primitive), enkapsulasi (pembentukan selubung), mengasilkan antibody atau sensitisasi limfosit. Faktor homoral (aglutinin) dalam cairan tubuh juga dapat mengaktifkan benda asing (pada invertebrata).
2. Jelaskan bagaimana cara vena membuat darah tetap bergerak ?
Jawab :
Vena membutuhkan bantuan untuk mendorong darah kembali kejantung. Banyak vena yang memperoleh bantuan itu dari arteri didekatnya. Pada setiap denyut jantung, arteri (tengah) mengembang seraya menekan vena yang sejajar, di dalam vena, ada katup searah yang terbuka dan tertutup untuk menjaga darah agar teteap bergerak
3. Sebutkan dan jelaskan fungsi komponen yang terdapat pada plasma darah ?
Jawab :
A. Jantung: sebagai pompa penggerak cairan tubuh di sepanjang pembuluh.
1) Jantung Tubuler: Terdapat pada hewan invertebrata, bentuk sederhana tidak ada klep, dan bekerja secara kontraksi peristaltik.
2) Jantung Berongga: Terdapat pada hewan vertebrata, mernya memompa jantung, merupakan organ berotot, gerak, dan kontraksinya secara periodik.
B. Pembuluh: saluran yang akan dilewati oleh cairan yang beredar ke seluruh tubuh
1) Pembuluh Darah terdiri atas Arteri, Vena dan Kapiler.
Arteri dan Vena tersusun atas tiga lapisan jaringan melingkar dan membentuk saluran / lumen di bagian tengahnya. Nama lapisannya yaitu tunika intima (Endotelium), tunika media, dan tunika adventitia , sedangkan kapiler hanya tersusun atas tunika intima saja.
2) Pembuluh Limfe
a) Kondisi Pembuluh Limfe Pada Berbagai Hewan. Pada hewan vertebrata tingkat tinggi mempunyai saluran buntu dengan ujung terbuka yang berfungsi mengangkut kelebihan cairan di ekstrasel ke sirkulasi darah;
b) Pada hewan invertebrata tidak ditemukan adanya pembuluh limfe kecuali pada teleoste;
c) Pada hewan tingkat rendah ditemukan berbagai bentuk peralihan yang menunjukan adanya perkembangan system pembuluh limfe.
3) Cairan Tubuh
Cairan jaringan berfungsi sebagai fagostik dan mampu bergerak melalui ruang antar jaringan.
4. Apa saja fungsi darah pada hewan?sebutkan!
Jawab :
Fungsi darah itu meliputi :
a) Mensuplai zat-zat makanan dari saluran pencernaan ke jaringan-jaringan
b) Mensuplai oksigen dari paru-paru ke jaringan-jaringan
c) Membawa dan m embuang zat-zat yang tidak berguna dari jaringan ke organ ekskresi
d) Mendistribusikan sekresi kelenjar endokrin dan zat lain yang mengatur fungsi sel
e) Membantu menyelenggarakan keseimbangan komposisi air dalam berbagai organ tubuh

5. Apa fungsi sinus venosus pada ikan ?
Jawab : Sinus Venosus pada ikan berfungsi sebagai struktur penghubung berupa rongga yang menerima darah dari vena dan terbuka di ruang depan jantung.

6. Apa Perbedaan system transportasi pada hewan tingkat rendah dan hewan tingkat tinggi ?
Jawab :
Kalau system transportasi pada hewan tingkat rendah memiliki alat transportasi yang tidak sekompleks pada hewan ringkat tinggi, dimana sudah memiliki tugas dan fungsi yang spesifik. Seperti pada porifera dan coelentrata belum memiliki organ tubuh dan system transportasinya juga belum ada.
Sedangkan pada hewan tingkat tinggi sudah memiliki alat transportasi yang lengkap disertai dengan fungsi yang khas dari masing-masing organ.
7. Jelaskan peredaran darah pada belalang ?
Jawab :
Belalang mempunyai sistem peredaran terbuka karena darah tidak selalu berada dalam pembuluh darah. Alat transportasinya berupa pembuluh yang dapat berdenyut sehingga menyerupai jantung. Oleh karena itu, pembuluhnya disebut jantung pembuluh.
Peredaran darah pada belalang berlangsung sebagai berikut: Darah dipompa oleh jantung pembuluh ke bagian depan tubuh melalui aorta dorsal. Selanjutnya darah beredar ke seluruh tubuh ke ruang antar organ tanpa melalui pembuluh darah.
8. Mengapa Katak Mempunyai sistem peredaran darah ganda, jantung katak terdiri atas tiga ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, dan bilik ?
Jawab :
Karena jantung katak hanya mempunyai satu bilik maka darah yang banyak mengandung oksigen dan karbon dioksida masih bercampur dalam bilik jantung.

9. Jelaskan kenapa system sirkulasi merupakan bagian dari system transfor sejati ?
Jawab :
Karna jika diperhatikan ,vertebrata mempunyai saluran tertentu yang bersilia, misalnya sakuran nafas dan saluran telur. Silia pada saluran napas berguna utuk mengeluarkan partikel zat yang maasuk ke dalamnya. Sementara silia dalam saluran telur berfungsi dalam pengangkatan ovum daroi ostia vimbra ke uterus.
10. Jelaskan perbedaan dan persamaan plasma darah dan limfe ?
Jawab :
Perbedaannya
Darah itu sebagai jaringan yang terdiri atas plasma yang merupakan cairan air yang mengandung sejumlah kecil bermacam-macam garam,protein, lemak dan glokusa. Didalamya terdapat eritrosit,leukosit.monocyt, dan trombosit
Limfe itu mengandung protein dan sel darah merah kurang tapi kandungan sel darah putih lebih banyak.
Persamaannya : sama-sama berupa cairan dan jaringan
11. Bagaimana system transportasi pada echinodermata ?
Jawab :
Echinodermata memiliki system transportasi radial yang bentuknya mengecil.Pengangkutan zat di bantu dengan system air yang disebut system air ambulakral.
12. Apakah pada cacing terdapat jantung? Bagaimana ia melakukan transportasi di dalam tubuhnya ?
Jawab :
Tidak tapi cacing memili. Lengkung aorta yang fungsinya yaitu sebagai jantung. peredaran darah pada cacing terdiri atas pembuluh darah punggung, pembuluh darah perut, dan lima pasang lengkung aorta. Darah dalam cacing beredar di dalam pembuluh sehingga termasuk peredaran darah tertutup.
13. Jelaskan peredaran darah pada aves?
Jawab : sistem transportasi pada aves terdiri atas jantung dan pembuluh darah. Jantung terdiri dari 4 ruang yaitu serambi kiri,serambi kanan,bilik kiri dan bilik kanan. Sekat biliknya sempurna sehingga darah bersih dan darah kotor tidak bercampur. Darah yang banyak mengandung oksigen yang berasal dari paru-paru tidak bercampur denganyang banyakmengandung karbondioksida yang berasal dari seluruh tubuh. Peredaran darah burung adalah darah dari paru-paru mengangkut oksigen masuk ke serambi kiri, kemudian ke bilik kiri. Dari bilik kiri, darah dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta. Di sel-sel tubuh, darah melepaskan O2 dan mengikat CO2. Darah yang mengandung banyak CO2 ini masuk ke serambi kanan melalui pembuluh balik. Selanjutnya darah masuk bilik kanan, kemudian dipompa masuk ke paru-paru. Di dalam paru-paru, darah melepaskan CO2 dan mengikat O2.

14. Kenapa system peredaran darah pada ikan disebut system peredaran darah tunggal ?
Jawab :
Karna dalam satu kali beredar darah ikan melalui jantung satu kali dan selalu berada dalam pembuluh darah
15. Jelaskan macam cairan yang terdapat pada hewan ?
Jawab :
Cairan yang terdapat pada hewan yaitu
a) Cairan eksternal
Meliputi :cairan jaringan, limfe, darah dan homolimfe.
Cairan jaringan mengandung sedikit protein, sejumlah garam dan bahan nutritive serta zat sisa. Cairan jaringan berfungsi sebagai fagostik dan mampu bergerak melalui ruang antar jaringan.
Pembuluh limfe berfungsi mengangkut kelebihan cairan yang tertimbun dilingkungan ekstra sel dan mengembalikan ke sirkulasi darah.
Darah tersususu atas cairan plasma dan sel darah
Homolimfe : adanya cairan limfe dan dyng sarah yang mengalir dalam pembuluh dan diruang antar sel merupakan cairan yang sama
b) Cairan internal
Terdapat kira –kira 70% dari seluruh bagian tubuh hewan berupoa air yang mana sekitar 45 % itu adalah didalam sel (internalsel).

16. Apa fungsi aorta kanan dan aorta kiri pada reptile ?
Jawab :
Aorta kanan berfungsi mengalirkan darah menuju ke seluruh tubuh yang keluar dari bilik kiri
. Aorta kiri keluar berfungsi mengalirkan darah yang mengandung oksigen dan karbondioksida menuju ke bagian belakang tubuh yang keluar dari perbatasan bilik kiri dan bilik kanan.

17. Apa perbedaan arteri,vena dan kapiler ? jelaskan
Jawab :
Arteri : pembuluh yang mengalirkan darah keluar jantung. Dindingnya kuat, tebal dan elastic
Vena : pembuluh yang membawa darah kembali ke jantung. Terletak didekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Dindingnya tipis,tidak elastic dan memiliki katup di sepanjang pembuluh.
Kapiler : Pembuluh yang paling halus yang terdiri dari satu lapis sel yang berfungsi menghubungkan pembuluh nadi dan balik.

18. Bagaimana jalannya darah pada ikan berlangsung ?
Jawab :
Darah mengalir ke seluruh tubuh melalui vena kemudian masuk ke serambi jantung. Darah ini mengandung banyak karbon dioksida. Selanjutnya darah masuk bilik, kemudian dipompa menuju insang melalui pembuluh nadi ventral. Di dalam insang terjadi pelepasan CO2 dan pengikatan O2. Selanjutnya darah dari insang yang mengandung oksigen diedarkan ke selluruh tubuh melalui pembuluh darah dorsal.
19. Apa kelebihan system sirkuklasi tertutup dibandingkan system sirkulasi terbuka ?
Jawab :
Kelebihannya antara lain :
Darah beredar dalam system pembuluh yang kontinyu didorong oleh kekuatanyang berasal dari dari hasil kerja jantung
Darah akan mengalir dalam pembuluh secara langsung ke setiap sel tubuh.

20. Bagaimana cara krja jantung mekanis bagi orang yang mengalami gagal jantung
Jawab :
Cara kerjanya :
a) sebuah baterai luar mentransmisi daya ke gulang kawat dengan system transmisi kabel tanpa
b) gulungan kawat tubuh menerima daya dan mengirim ke alat pengontrol serta baterai pendukung yang dapat diisi ulang
c) Pengontrol mengatur detak jantung mempercepat atau memperlambat denyutnya sesuai kebutuhan
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Anda PenGunJuNg Ke .....

Negara PengunjuNg

free counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rizal Suhardi Eksakta * - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger