Berita Terkini :
Home » » KDBS 2012 BIOLOGI EDUCATION

KDBS 2012 BIOLOGI EDUCATION

Rabu, 26 September 2012 | 0 komentar


KEMAH DARMA BAKTI SOSIAL (KDBS)
HMPS PENDIDIKAN BIOLOGI

KEMAH DARMA BAKTI SOSIAL yang biasa disingkat dengan KDBS pada tahun ini 2012 yang merupakan agenda tahunan rutin di lakukan, Lokasi KDBS tahun ini bertempat ini adalah di Dusun Limbungan Timur, Desa Perigi Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur NTB.
Tema kegiatan ini adalah ‘’ OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DI DAERAH PEDESAAN ‘’.
Tempat ini begitu jauh dari jalan raya,,, jalan yang kita lalui menanjak dengan jalan berlubang dan berbatu,, lokasi ini berada tepat di bawah deretan pegunungan yang ada Di Lombok.
Kami mengadakan kegiatan ini selama 5 hari 4 malam…yakni mulai dari hari sabtu – rabu tgl 21 – 26 September 2012.
Acara pembukaan di buka oleh pak kadus (A. Hamzani) yaitu selesai sholat asar di masjid Nurul Falah, acara itu di saksikan oleh masyarakat yang ada di limbungan timur..
Setelah acara resmi di buka, pada malam harinya diadakan diniyah, mengajar anak – anak kecil mengaji di masjid selesai sholat magrib berjamaah sampai waktu sholat isya. Adapun seblum di adakan diniyah terlebih dahulu di adakan kultum/ Siraman rohani yang di bawakan oleh teman- teman mahasiswa.
Setelah ngajar di masjid terus sholat isya berjama’ah.
*Salah satu kendala kami dalam kegiatan ini adalah masalah air,,,kami kesulitan dalam mencari air wudhu terlebih lagi mau mandi,,,,padahal ia berada di bawah gunung….. ternyata dan ternyata,,,,,,,,,setelah bertanya kepadaa masyarakat sekitar pipa yang mengalirkan air ke dusun tersebut di rusak oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab,,A’uzubillahi min zalik.
jika mau di perbaiki maka kita harus jalan kaki sejauh 8 kilometer untuk memperbaiki pipa tersebut yang langsung berhubungan dengan mata air……ya alloh jauh bangeeeeeeettttttttt *_*

Sehingga kita sebelum waktu sholat tiba,,, 30 menit sebelumnya harus mencari air wudhu ,, ya kami ke rumah warga tuk wudhu…. Tapi untunglah para warga tersebut mengijinkan kami tuk wudhu setiap kali mau melaksanakan sholat.

Pada hari ahad dilakukan kebersihan yang melibatkan anak-anak, tua muda yang ada di limbungan dan para mahasswa,,,,mereka sangat antusias,,,,, subhanalloh…….
Kegiatan itu berlangsung sampai menjelang siang,terus jam 10,00-12.00 kami terjun kepada warga masyarakat ingin mengetahui keluh kesah mereka sambil bersilaturrahmi….…..
Saya kagum pada orang- orang tua khususnya yanga ada di wilayah rumah adat,,, mereka kepengen sekali belajar bahsa inggris karena tiap hari turis alias bule – bule jalan- jalan ke rumah adat,, sehingga mereka termotivasi tuk mau belajar bahasa inggris,,,,,, ya saya pun mengajar mereka sekitar 15 menit……ini benar- benar gak pernah terlintas dalam pikiran,,,,sekali saya ucapkan vocab dan introduction mereka lnagsung serap dan paham………. Alloh memberikan kepahaman bagi setiap orang- oaring yang mau blejar dengan sungguh- sungguh.
Ketika tiba waktu sholat,,, kami pergi mencari wudhu tuk solat duhur. slesai solat duhur langsung di adakan diniyah sampai jam 14.00.
Pada waktu selesai solat asar dilakukan sosialisasi pendidikan yang bertujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar kepada para adik – adik yang masih SD maupun yang masih belum saatny amasuk sekolah,,,,, mangajar manngapai mimpi dan cita- cita serta mengubah paradigm dan sudut pandang para orang tua yang tidak memberikan anak-anaknya tidak bersekolah tinggi karena dia berfikir,,,,pendidikan itu tidak ada gunanya……’auzubillah…..
 Setlah itu pualng tuk istirahat dan balik lagi ke masjid tuk melaksanakan kegiatan malam seperti biasanya,
Hari senin dan selasa diadakan lomba mulai dari sore hari dan malam hari.
Lomba yang di adakan yaitu : azan, hafalan ayat- ayat pendek,pidato, makan krupuk, memasukkan paku dalam botol dan lomba praktik sholat wajib.
Lomba persahabatan antara mahasiswa dengan masyarakat yaitu lomba tarik tambang tapi hasilnya seri……. 1 – 1

Malam penutupan acara KDBSsekaligus pembagian hadiah per mata lomba yang di adakan pada malam rabu dengan di hadiri oleh semua mayarakat limbungan timur,,kepala dusun, ketua remaja masjid dan para mahasiswa/i



Alhamdulillah, kegiatan KDBS 2012 dapat memberikan semanagt dan mengubah sudut pandang masyarakat akan pentingnya Pendidikan…………………………………


Kami pulang hari rabu tanggal 26 september 2012 jam 09.00 dan nyampe kampus jam 11.00 wita……………..

Sampai ketemu lagi di acara KDBS 2013…………..
SUCCES FOR ALL

 * Rizal MS--------------------------------------------------------------------------------------
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Anda PenGunJuNg Ke .....

Negara PengunjuNg

free counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rizal Suhardi Eksakta * - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger