Berita Terkini :
Home » » PERAN SEKOLAH dan ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK

PERAN SEKOLAH dan ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK

Selasa, 02 Oktober 2012 | 0 komentar


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sesuai dengan hasil survey terhadao masyarakat di dalam makalah ini menunjukkan bahwa lembaga sekolah saja yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak tanpa dibarengi peran orang tua.
Perhatian orang tua merupakan faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap kesuksesan anak dalam meningkatkan kualitas pendidikannya, karena dengan perhatian dan motivasi darinya.
Lembaga sekolah dan orang tua sama-sama berperan penting dalam membangun atau meningkatkan kualitas pendidikan anak.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara orang tua memberikan perhatian terhadap anaknya?
2.      Apa saja yang diperlukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak?
3.      Siapa saja yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak?
C.    Tujuan
Untuk mengetahui, tidak hanya lembaga sekolah saja yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak, tetapi orang tua juga penting, dan supaya mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas pendidikannya.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Peran Sekolah
Bersekolah merupakan pengalaman pengalaman pembentukan perkembangan anak untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak. Di sekolah anak memiliki Ilmu Pengetahuan yang bragam. Dari itu sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi anak. Peran tersebut ialah:
1.      Menjalin komunikasi dua arah dengan anak-anak didik.
2.      Mengembangkan situasi belajar yang menyenangkan tanpa membebani anak di luar kemampuannya.
3.      Menyusun penugasan yang disesuaikan dengan kemampuan anak.
4.      Menciptakan situasi yang penuh penghargaan sehingga anak mengembangkan rasa percaya dirinya dan konsep yang positif tentang diri dan kemampuannya.
5.      Menjalin komunikasi yang positif dengan orang tua anak/siswa.
B.     Peran Orang Tua
Orang tua juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas/potensi pendidikan anak. Peran tersebut adalah:
1.      Menciptakan atmosfer yang penuh penghargann, waktu yang cukup untuk bermain dan kesempatan untuk mandiri.
2.      Mengembangkan pola komunikasi yang positif.
3.      Menyediakan aturan yang konsisten dan batas-batas yang jelas dari setiap aturan. Aturan-aturan tersebut juga harus disertai dengan penjelasan yang memadai.
4.      Menyediakan aktivitas yang mendukung penguasaan anak akan keterampilan-keterampilan yang harus dikuasainya dan membuat anak mengembangkan kemampuannya.
5.      Menyediakan kesempatan untuk merangsang dan belajar dengan anggota keluarga yang lain melalui hobi, permainan aktivitas fisik dan kegiatan lainnya.
Tanpa perhatian dan motivasi dari orang tua anak tidak akan bisa meningkatkan atau mengembangkan kualitas pendidikannya. Dari itu orang tua harus memperhatikan anak-anaknya dengan cara menciptakan lingkungan belajar anak, memperhatikan pola makan anak, waktu tidur, memantau dalam mengerjakan PR anak, memantau lamanya anak diizinkan menonton televisi dan acara TV yang boleh anak tonton, mereka juga mengawasi kegiatan anak sepulang dari sekolah.
Dengan perhatian orang tua dapat menerima dan memilih stimuli yang relevan dengan permasalahan yang dihadapinya, perhatian dapat membuat orang tua mengarahkan diri ketugas-tugas yang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi terhadap tuntutan anak, memfokuskan diri terhadap masalah yang akan diselesaikan terlebih dahulu dan mengabaikan hal-hal yang tidak relevan.
Ø  Perhatian menurut Kenneth E Anderson adalah proses mental ketika stimuli atau rangkaian stimuli menjadi menonjol dalamkesadaran. Pada saat stimuli lainnya melemah secara sederhana. Perhatian terjadi ketika kita benar-benar berkonsentrasi dalam menggunakan salah satu alat indra kita. Contoh, ketika kita mendengarkan ceramah seseorang, maka telinga kita benar-benar fokus berusaha untuk mendengarkan dengan sebaik-baiknya.
Ø  Teori lain yang menjelaskan tentang faktor terbentuknya perhatian adalah teori keseuaian (Congrunce Model Theory) yang dikembangkan oleh Boshier. Dalam metode ini dikembangkan bahwa seorang akan memberikan perhatian atau partisipasinya tentang konsep pendidikan tersebut.
Orang tua yang memiliki persepsi dan pemahaman yang sejalan dengan konsep pendidikan, akan dengan sukarela  menyumbangkan tenaga, pikiran dan emosinya untuk pendidikan anaknya dan sebaliknya.
Dari kedua pandangan di atas dapat disimpulkan bahwa orang tua yang paling dominan dalam suatu kelompok sosial terkecil yaitu keluarga dalam menjalankan peran dan fungsinya.
Dari itu tidak hanya sekolah saja yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan anak, tetapi orang tua juga berperan penting. Keduanya saling melengkapi. Jika tidak ada salah satunya maka akan menghambat kualitas pendidikan anak.
Menuntut ilmu sangatlah penting, sebagaimana Hadits Nabi Muhammad SAW:





Artinya: “Menuntut Ilmu hukumnya fardlu bagi setiap Muslim, laki-laki maupun perempuan


C.    Tabel Hasil Survey
TABEL HASIL SURVEY STUDY MASYARAKAT INDONESIA
No
NAMA RESPONDEN
Nurdin
Mustiadi
Yuspita
Raodah
Salemah
Sahnun
Sri Winantu
Safoan
Jamaknah
Masrun
1
A
D
D
D
D
C
B
A
B
A
2
C
A
A
B
B
A
B
B
B
C
3
A
E
A
E
A
A
A
B
A
B
4
C
C
C
A
A
C
C
C
C
C
5
D
C
D
C
C
D
D
D
A
C
6
C
D
A
C
A
C
B
A
B
A
7
C
D
C
C
C
D
C
B
C
A

D.    Grafik


E.     Hasil Survey
1.      Dari tabel di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa 60% masyarakat yang yakin bahwa lembaga sekolah/pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak. Dan sekolah merupakan tempat yang paling baik untuk meningkatkan daya pikir dan merubah seseorang menjadi sempurna, lembaga sekolah pun bisa merubah sangat bermoral, disiplin dan hidupnya terarah.Di samping itu juga 1 masyarakat tidak yakin hanya lembaga sekolah saja yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga luar pendidikan sekolah seperti ditempat mengaji/ponpes dll.
2.      Kepedulian terhadap anak sangat diperlukan oleh anak, karena dengan begitu anak akan merasa termotivasi dan mendapat dukungan nyata, bukan hanya sekedar dorongan saja.
3.      Bukti perhatian dan kepedulian terhadap kebutuhan gizi anak adalah memperhatikan makanannya, dengan memakan makanan yang bergizi sangat mempengaruhi pertumbuhan mental dan kecerdasan anak jika keadaan ekonomi tidak mendukung. Sesekali kita berikan makanan yang bergizi jangan sampai tidak sama sekali.
4.      Bukti kepedulian terhadap anak agar anak mempunyai moral yang baik. Sebagai orang tua yang baik memberikan keteladanan lewat lisan untuk melatih anak bicara, lewat bukti dan contoh yang baik dengan sikap dan prilaku sehari-hari, bisa meningkatkan kualitas pendidikan anak.
5.      Dengan menonton TV juga anak bisa meningkatkan kualitas pendidikannya dengan acara-acara yang berguana untuk anak, dengan mendampingi anak nonton sampai selesai dan memberikan batas lamanya menonton.
6.      Kepedulian para tokoh agama/tuan guru pada saat ini berada pada kriteria memberi tauladan secara lisan dan perbuatan (aksi konkret) secara tidak terancam, karena sikap dan perbuatan para tokoh agam/tuan guru menjadi panutan. Tetapi, pada saat sekarang ini tokoh agama/tuan guru banyak yang terlibat politik, itu yang akan menyebabkan para umatnya tidak akan mempercayainya dan menghormatinya.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Peran sekolah dan orang tua dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak sangat penting dan saling berhubungan, tanpa adanya motivasi dan dukungan dari orang tua maka pendidikan anak tidak pernah jalan.
Orang tua harus mendukung bakat atau hobi anaknya. Dengan dukungan itu prestasi anak akan meningkat. Orang tua juga membelikan fasilitas-fasilitas yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan kualitas pendidikan anak.
Poin Hasil Penelitian/Survey Masyarakat
NO
A
B
C
D
E
1
3
2
1
4
-
2
3
5
2
-
-
3
6
2
-
-
E
4
2
-
8
-
-
5
1
-
8
-
-
6
4
2
3
1
-
7
1
1
6
2
-



DAFTAR PUSTAKA

Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga
Akbar Hawadi R. 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Lusi Nuryanti. 2008. Psikologi Anak. Jakarta: Penerbit PT Macanan Jaya Cemerlang
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Anda PenGunJuNg Ke .....

Negara PengunjuNg

free counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rizal Suhardi Eksakta * - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger