Berita Terkini :
Home » » Pemenang OSN Pertamina 2012

Pemenang OSN Pertamina 2012

Minggu, 23 Desember 2012 | 2komentar




Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air, Jumat (30/11) memperoleh predikat terbaik dalam penganugerahan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012.Di ajang OSN Pertamina 2012, Sejumlah 24 finalis dari empat kategori teori (Matematika,Fisika, Kimia dan Biologi) serta 8 finalis dari kategori science project mempresentasikan makalah di depan dewan juri Nasional pada Rabu (28/11) di Wisma Makara UI kampus Depok.
Adapun finalis dari Universitas Indonesia (UI), Grandprix Thomryes, berhasil meraih juara pertama kategori Science Project, dengan mempresentasikan solusi terhadap permasalahan limbah plastik yang dapat merusak lingkungan melalui makalah berjudul “Aplikasi Zeolit Alam Indonesia dan Na-Zeolit Alam Indonesia sebagai Katalis Rengkah Polietlena menjadi Fraksi Minyak Bumi”. Grandprix menawarkan solusi terhadap pengolahan limbah plastik dengan mengkonversi limbah plastik menggunakan katalis yaitu Zeolit dan Na-Zeolit yang banyak tersebar di alam Indonesia. Dia pun memboyong piala dan uang tunai Rp 20 juta.
Sementara itu, Kompor Sabut Kelapa (Kosapa) karya Khairul Rizki menyabet  juara kedua. Karya mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh, ini merupakan salah satu inovasi dalam energi alternatif terbarukan. Khairul pun membawa pulang piala dan uang tunai Rp 15 juta.
Dan diposisi ketiga kategori Science Project adalah Agung Heru Yatmo, dengan temuan rebicha reaktor biogas chorella alat pemurnian gas portable. Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), Malang, itu berhak atas piala dan uang Rp 10 juta.
Sementara itu, pada kategori Matematika, Juara Pertama adalah Abe Gracia Valeerian dari Universitas Pelita Harapan. Allien Jesicca dari UI menjadi Juara Kedua, serta Rudi Hartono dari Universitas Lambung Mangkurat sebagai Juara ketiga.
Juara Pertama OSN kategori Fisika diraih oleh David Sipayu dari UI, Juara Kedua M Yasin dari Universitas Diponegoro (Undip), dan Ido Hilka Zirahya dari Universitas Jember merebut gelar Juara Ketiga kategori Fisika.
Juara Pertama OSN Pertamina 2012 kategori Kimia adalah Bayu Ardiansah dari UI. Kemudian di posisi kedua ada Robi Maulana Saputra dari Universitas Tanjung Pura, dan posisi ketiga Nurina Listya M dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).
Kategori terakhir, yakni Biologi, menobatkan  Budi Santoso dari Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Juara Pertama, I Gusti Agung Ari Kreyana dari Universitas Udayana sebagai Juara Kedua, dan Abinabu Tariswafi dari UI sebagai Juara Ketiga.
Juara Pertama pada tiap kategori berhak membawa pulang piala dan uang Rp 8 juta, Juara Kedua memboyong piala dan uang Rp 6 juta, sedangkan juara tiga meraih piala dan uang Rp 4 juta.
Pada ajang kompetisi ini, OSN Pertamina 2012 juga memberikan penghargaan khusus yakni gelar Peserta Favorit yang diraih oleh Budi Santoso Situputra dari UGM. Budi meraih gelar tersebut atas penilaian perilakunya terhadap sesama peserta OSN. Satu penghargaan khusus lainnya adalah Sobat Bumi, yang mencerminkan perilaku bersahabat peserta terhadap lingkungan. Gelar Sobat Bumi ini diraih oleh Febrian Tulaseket dari Universitas Papua Barat. Kedua pemenang gelar khusus mendapatkan hadiah telepon genggam android.
OSN Pertamina merupakan kompetisi sains tahunan bagi para mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh PT Pertamina bekerja sama dengan UI dan didukung penuh oleh Direktorat Pendidikan Tinggi serta Perguruan Tinggi seluruh Indonesia OSN Pertamina
2012 memperlombakan dua kategori yaitu kategori Theory dan kategori Science Project dengan hadiah total sebesar 2,8 Milyar.
Hasil Seleksi Grand Final Nasional OSN Pertamina 2012 Katagori Teori

Bidang: Matematika
Juara
Kode Peserta
Nama Lengkap
Asal Universitas
1
1111048
ABE GRACIA VALLERIAN TENNO S.UNIVERSITAS PELITA HARAPAN
2
121105
AILEEN JESSICA NOVIAUNIVERSITAS INDONESIA
3
211047
RUDI HARTONOUNIV. LAMBUNG MANGKURAT

Bidang: Fisika            
Juara
Kode Peserta
Nama Lengkap
Asal Universitas
1
122116
DAVIT SIPAYUNGUNIVERSITAS INDONESIA
2
142093
MUH YASIN YBICUNIVERSITAS DIPONEGORO
3
1622098
IDO HILKA ZIRAHYAUNIVERSITAS JEMBER

Bidang: Kimia            
Juara
Kode Peserta
Nama Lengkap
Asal Universitas
1
123192
BAYU ARDIANSAHUNIVERSITAS INDONESIA
2
203086
ROBI MAULANA SAPUTRA DSUNIVERSITAS TANJUNGPURA
3
1613085
NURINA L.MINST. TEK. SEPULUH NOVEMBER

Bidang: Biologi
Juara
Kode Peserta
Nama Lengkap
Asal Universitas
1
1514129
BUDI SANTOSO SITOPUTRAUNIVERSITAS GADJAH MADA
2
174085
I GST AGUNG ARI K NARAYANAUNIVERSITAS UDAYANA
3
124145
ABINUBLI T.M.UNIVERSITAS INDONESIA

Hasil Seleksi Nasional OSN Pertamina 2012 Katagori Science Project
Juara
Kode Peserta
Nama Ketua Tim

Asal Universitas
1
SP12003
Grandprix Thomryes Marth KadjaAplikasi Zeolit Alam Indonesia dan Na-Zeolit Alam Indonesia sebagai Katalis Rengkah Polietilena Menjadi Fraksi Minyak BumiUniversitas Indonesia
2
SP01002
Khairul RizkiKOSAPA (Kompor Sabut Kelapa) Penghasil Asap  Cair Sebagai Alternatif Penggunaan Energi TerbarukanUniversitas Syiah Kuala
3
SP16049
Agung Heru YatmoREBICHA (Reaktor Biogas Chorella) Alat Pemurnia Biogas PortabelUniversitas Brawijaya

sumber : http://www.osnpertamina.com/berita/pemenang-osn-pertamina-2012/
Share this article :

2 komentar:

  1. Pak, ada kunci jawaban osn biolgi pertanina tingkat provinsinya

    BalasHapus
  2. Pak, ada kunci jawaban osn biolgi pertanina tingkat provinsinya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Anda PenGunJuNg Ke .....

Negara PengunjuNg

free counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rizal Suhardi Eksakta * - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger