Berita Terkini :
Home » » Mahasiswa IPB Hasilkan Energi Listrik Dari Limbah Terasi

Mahasiswa IPB Hasilkan Energi Listrik Dari Limbah Terasi

Minggu, 31 Maret 2013 | 0 komentar


Untuk menjaga lingkungan yang kian tercemar, salah satu solusi yang dilakukan adalah mengolah limbah agar tidak mencemari atau menjadi barang atau sesuatu yang berguna.
Contohnya adalah penelitian yang dilakukan mahasiswa Departemen Biokimia F-MIPA IPB yang menghasilkan temuan limbah cair organik dari terasi yang dapat menghasilkan energi listrik.
Penelitian tersebut dilakukan dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berjudul "Pemanfaatan Limbah Cair Industri Terasi di Kabupaten Cirebon Sebagai Penghasil Energi Listrik" yang dikoordinir Silvikasari dan beranggotakan Heryani, Osy Yostia Utami, Qatrunnada, dan Haribowo.
Mereka melakukan penelitian tersebut menggunakan limbah cair terasi yang diambil dari sebuah perusahaan terasi di Kabupaten Cirebon.
Silvikasari mengatakan bahwa pemanfaatan sumber energi alternatif menjadi solusi di masa mendatang dalam memenuhi kebutuhan energi.
"Salah satu energi alternatif yang mampu diproduksi dalam waktu yang relatif singkat adalah dengan memanfaatkan limbah cair organik dari terasi," katanya.
Limbah cair terasi udang merupakan salah satu limbah organik yang diperoleh sebagai hasil samping pengolahan terasi yang sering diproduksi di Indonesia, terutama di Kabupaten Cirebon.
Dikemukakannya bahwa limbah cair terasi itu masih mengandung nutrisi, seperti protein, karbohidrat, dan bahan-bahan lainnya, yang dapat dimanfaatkan bagi pertumbuhan mikroba.
"Mikroba inilah yang kemudian akan dimanfaatkan untuk memproduksi energi listrik,"katanya.



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Anda PenGunJuNg Ke .....

Negara PengunjuNg

free counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rizal Suhardi Eksakta * - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger