Berita Terkini :
Home » » Penghargaan Nobel Kedokteran 2013

Penghargaan Nobel Kedokteran 2013

Selasa, 08 Oktober 2013 | 0 komentar



Tiga Ilmuwan Dapat Penghargaan Nobel Kedokteran 2013
Liputan6.com, Jakarta : Setelah menemukan sistem transportasi di dalam sel yang memengaruhi gangguan saraf dan kekebalan (vesicle traffic), tiga ilmuwan akhirnya dinobatkan untuk menerima penghargaan nobel kedokteran atau fisiologi tahun 2013.
Seperti dikutip laman BBC, Selasa (8/10/2013) ketiga ilmuwan tersebut adalah James E Rothman dari Amerika Serikat, Randy W Schekman dari Amerika Serikat dan Thomas C Suedhof dari Jerman.
Penghargaan ini diberikan, karena menurut Komite Nobel, Goran Hansson penemuan ini luar biasa. Gangguan terhadap sistem transportasi dalam sel disebut bisa menyebabkan diabetes, gangguan saraf, otak dan sistem imun atau kekebalan tubuh.
"Hal ini membuat penelitian ini dapat membantu ilmuwan lainnya untuk mengetahui kapan waktu yang tepat saat pengiriman sel. Karena tanpa pengaturan ini, akan terjadi kekacauan pada sel," ujar Goran.
Berikut ketiga profesor dan penemuannya:
1. Profesor James Rothman dari Universitas Yale
Prof. James menemukan protein yang dikaitkan dengan vesicles dan bertindak sebagai mekanisme perekat sehingga enzim serta hormon diturunkan pada lokasi yang tepat.
2. Profesor Randy Schekman dari Universitas California di Berkeley
Prof. Randy menemukan gen yang mengatur sistem transportasi sel ini.
3. Profesor Thomas Sudhof yang kini bertugas di Universitas Stanford, AS
Prof. Thomas membuat terobosan tentang sistem transportasi sel di dalam otak.
Goran menjelaskan, temuan para ilmuwan ini sangat membantu para dokter saat ini dalam mendiagnosa epilepsi parah serta penyakit kekebalan pada anak-anak. Maka itu, ketiga ilmuwan ini layak mendapatkan Nobel Kedokteran 2013.
Sementara hadiah Nobel sendiri akan diberikan pada 10 Desember mendatang bersamaan dengan peringatan kematian Alfred Nobel pada 1896

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Anda PenGunJuNg Ke .....

Negara PengunjuNg

free counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rizal Suhardi Eksakta * - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger